Rabu, 14 Maret 2012

Mengakses web menggunakan URL

Mengakses web menggunakan URL

URL (uniform resource locator) merupakan sumber daya internet sekaligus alamat sebuah homepage. URL terdiri dari 3 bagian utama antara lain sebagai berikut:
1. URL yang menunjukkan protokol, misalnya http:// atau https://
2. URL yang menunjukkan alamat server, di mana sumber daya tersebut terletak, misalnya smun1-jkt.sch.id
3. URL yang menunjukkan path file yaitu alamat atau lokasi dari mana dokumen yang terletak di dalam server tersebut, misalnya soal/komputer.html
Beberapa contoh alamat internet (URL) antara lain:
1. http://www.bolanews.com
2. http://www.toefl.com
3. http://www.yahoo.com
4. http://www.hotmail.com
5. http://www.microsoft.com
beberapa alamat internet (URL) mempunyai mesin pencari. mesin pencari (search engine) yaitu site atau website internet yang memberikan fasilitas untuk mencari dokumen (alamat) atau data yang anda inginkan untuk mencari informasi di seluruh web server yang terhubung ke internet. semua search engine yang ada bekerja berdasarkan rumus dasar yang sama dan mempunyai karakter yang berbeda.
Berikut ini beberapa contoh search engine yang umum digunakan:
1. yahoo.com (http://www.yahoo.com)

Yahoo tergolong website yang paling banyak digunakan dan dikunjungi dalam mengakses internet. Yahoo merupakan direktori terbesar di dunia yang diorganisasi oleh para pegawai sehingga dapat membuat searching di internet dengan mudah. Yahoo juga merupakan website direktori paling tua, yaitu sejak tahun 1994. Berikut ini tampilan website yahoo.
2. Msn.com (http://www.msn.com)
Berikut tampilan situs msn.com
3. Lycos.com (http://www.lycos.com)
Keberadaan lycos network yang semakin berkembang menjadikan lycos sebagai search engine indeks yang semakin dihargai. berikut ini contoh tampilan website lycos.
4. Altavista (http://www.altavista.com)
Altavista merupakan search engine yang sangat baik dan mudah digunakan. Selain itu, altavista juga merupakan search engine yang dapat melakukan indeks dengan cepat karena dapat memberikan page result sangat baik.
5. Google.com (http://www.google.com)
Google termasuk search engine yang menyediakan layanan dalam beberapa versi bahasa, di antaranya bahasa inggris, bahasa belanda, bahasa indonesia dan bahasa jawa. Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan para pengguna internet ketika menggunakannya. Berikut tampilan google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar