Rabu, 14 Maret 2012

pendidikan


Teknologi Informasi (IT): Mengingat IT telah melekat erat ke dalam setiap gaya hidup dan kehidupan modern, bahkan begitu pentingnya bagi pelajar, dan menjadi tuntutan dalam kehidupan professional kita, maka belajar IT dan mengembangan ketrampilan berkomunikasi kita pada saat ini adalah sangat penting dan menjadi keniscayaan.


Pentingnya terampil berkomunikasi dapat dibuktikan secara sepintas melalui berbagai surat kabar harian/koran. Kebanyakan lowongan pekerjaan untuk posisi-posisi penting selalu mempersyaratkan penguasaan komputer dan bahasa asing. Bahkan saat ini begitu terasa pentingnya bagi para pelajar Indonesia bertepatan dengan usaha-usaha pemerintah untuk meningkatkan investasi asing di Indonesia.
IT Class
Pair Learning
Kreatifitas: IT dan Terampil berkomunikasi memungkinkan kita dapat memasuki berbagai bidang profesi, namun demikian tanpa dibarengi dengan pengembangan pengetahuan pribadi maka keterampilan itu sendiri menjadi tidak berarti dan tidak menjamin dengan sendirinya masa depan yang cerah atau adanya pengembangan karir pribadi yang pasti


Komputer dan website (situs) merupakan sarana yang dapat bermanfaat untuk mengekspresikan kreatifitas kita, maka para pelajar dapat bertugas baik secara individu, berpasangan ataupun secara berkelompok. Tetapi, berkaitan dengan praktik pembelajaran modern di sekolah, pembelajaran-aktif dan kontekstual (di Indonesia dikenal sebagai PAKEM) adalah cara terbaik untuk meningkatkan kreativitas. Dan pembelajaran berbasis-ICT (misalnya E-Learning), yang tidak memberi kesempatan untuk "self-expression" dan kreativitas (jawaban tertentu dan "outcomes" yang seragam), dapat membunuh kreativitas pelajarnya. Bertukar fikiran antara manusia dan kesempatan untuk umpan balik yang konstruktif secara langsung yang adalah sangat penting dalam perkembangan manusia tidak dicapaikan lewat pembelajaran seperti E-Learning.

Bertukar Pendapat dan Berkomunikasi: Bertukar pendapat dan pengetahuan tidak hanya terbatas di ruang kelas. Sama pentingnya adalah kita di dalam masyarakat global bertukar informasi dengan masyarakat yang lebih luas baik di dalam negri maupun dengan masyarakat dunia. Tetapi ini sebaiknya dilaksanakan di luar kelas supaya tidak menghabiskan terlalu banyak waktu yang dapat digunakan untuk pembelajaran-aktif. Ada banyak resiko jugu untuk pelajar-pelajar kita.

Semakin kita berpartisipasi dalam proses interaksi, pengalaman belajar kita akan semakin kaya. Bagi pihak sekolah, memperluas jaringan komunikasi memungkinkannya untuk bertukar informasi termasuk mengenai keberadaan dan pengembangan yang ada di dalam sekolahnya.
Creativity in Action
Server Kami
Internet: Melalui internet kita dapat berpartisipasi dalam proses berbagi informasi di segala tingkatan (lihat: Wide Area Networks). Foto: Server Internet Modern.


Saat ini dengan adanya jangkauan layanan informasi yang lebih luas bahkan sampai ke tingkat daerah/masyarakat terpencil, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak ikut serta dalam suatu Komunitas Belajar Global. Bahkan dengan adanya WarNet yang semakin menjamur sekarang ini, akses untuk dial up menjadi mudah dan bisa diakses dari seluruh Indonesia. Dengan penggunaan perangkat teknologi di luar jam pelajaran (lihat isunya: Internet & Pendidikan), kita perlu bertanya kalau Internet sebetulnya adalah isu penting di dunia pendidikan di Indonesia sekarang. Salah satu contoh pembelajaran yang baik dapat dilihat di: MBEProject.Net.
Website Sekolah atau Lembaga Pendidikan: Salah satu peran pokok dari website adalah memudahkan pencarian informasi penting dan kontaknya. Contoh: Raffles International School, merupakan satu website yang sangat sederhana tetapi efektif. Website dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dalam berbagai aktivitas masyarakat yang lebih luas termasuk dalam bentuk forum atau kelompok diskusi. Cakupan website tergantung pada visi dan seberapa luas sumber-sumber yang anda miliki.


Kunci dari permasalahan ini adalah bahwa tidak ada gunanya memiliki website terbesar bila tidak ada orang yang berminat melihatnya. Oleh karenya, menjadi bagian komunitas seperti dalam Pendidikan Network merupakan salah satu cara penting dan sangat membantu orang lain mencari informasi anda yang mereka butuhkan.


Melalui situs (Pendidikan.Net) kita dapat berkomunikasi secara luas dengan masyarakat pendidikan di Indonesia. Kita percaya bahwa internet mampu menyediakan berbagai manfaat untuk pengembangan sekolah dan lembaga dan oleh karenanya kami telah membuat sumber / situs baru ini (Pendidikan.WS) untuk membantu pertukaran informasi dan kerjasama.


Sekolah dan lembaga lain yang pada saat ini belum memiliki situs, dapat membuatnya dengan menggunakan informasi dan fasilitas kami.
[ Website Kami ] [ Hosting Gratis ] [ Support ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar