Selasa, 10 April 2012

2.2   letak  geografis  tanah lot
                     Objek wisata Tanah Lot di desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Sekitar  13 km barat Tabanan.
2.3  Daya Tarik Keindahan Alam
a. Lingkungan
    Sepanjang perjalanan menuju lokasi wisata Tanah Lot terdapat beberapa  ruko-ruko yang menjual berbagai macam souvenir dari Bali. Dan sepanjang jalan menuju Tanah Lot suasananya sangat sejuk dan indah, banyak turis-turis mancanegara di waktu sore ke Bali untuk melihat keindahan sunset, di sepanjang jalan menuju pura banyak terdapat ornamen atau ukiran-ukiran Khas Bali menambah semaraknya suasana di lokasi objek wisata Tanah Lot.

b. Pura
     Pura Tnah Lot yang dahulu bernama pura Pakendungan ini sangat istimewa karena terletak di atas bongkahan batu besar yang berada di tengah pantai. Pada bagian utara pura utama terdapat sebuah pura lagi yang terletak di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing itu berbentuk melengkung   (seperti jembatan)  yang menghubungkan pura dengan pantai.

c. Sunset
    Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam  (sunset), turis-turis  biasanya ramai pada sore hari untuk melihat keindahan di tepian pantai Tanah Lot  Tak kalah ramai wisatawan domestik juga tak mau kalah dengan keberadaan turis-turis mancanegara di sana,  sembarang  menunggu  sunset, mereka ramai memedati tepian pantai untuk sekedar menikmati alam maupun berfoto foto.
2.4  Wisatawan
        Wisatawan mancanegara yang berkunjung menurut BPS mencapai 1.230.316 orang. Sedangkan wisatawan domestik  diperkirakan mencapai 300.000 orang. Untuk karjis masuk, turis domestic  dikenakan biaya  sebesar Rp. 20.000,00 sedangkan untuk turis asing di kenakan biaya 2 kali lipatmya.
2.5 Budaya dan Agama Masyarakat Sekitar
            Konon menurut cerita Pura Tanah Lot didirikan oleh  “Dang Hyang Niratha” pada abad ke 15. Dia terkesan akan aura kesucian dari tempat ini,  akhirnya meminta penduduk sekitar untuk mendirikan sebuah  “Pelinggih” di sini. Selain Pura Tnah Lot di lokasi ini terdapat  “Ular Suci”  yang lumayan menyita perhatian, banyak pengunjung yang ingin melihat dan menyentuh ular suci ini, yang konon dapat memberikan berkah dan keselamata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar